Rabu, 22 April 2009

Mengaktifkan Remote Desktop secara Remotely Dalam Suatu Jaringan

Remote desktop merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Windows 2003, XP, dan 2000 server. Dengan tool ini kita dapat me maintenance OS yang telah diaktifkan Fitur Remote Desktop Connection – nya. Jika ingin mengaktifkan fitur ini pada Windows XP, anda dapat Klik Kanan pada My Computer –> Properties –> Tab Remote –> Centang pada bagian Allow users to connect remotely to this computer. Sehingga nantinya kita dapat melakukan perubahan konfigurasi pada komputer tujuan.

RemoteDesktop

Cara diatas harus diaktifkan melalui komputer itu sendiri. Bagaimana jika kita ingin mengaktifkan fitur ini dari jarak jauh? Mungkin karena letak komputer tujuan lumayan cukup jauh dari posisi kita saat ini ataupun ruangan servernya terkunci. Sehingga kita tidak memungkinkan untuk melakukannya dari komputer tersebut.

Ada tool yang dapat membantu kita melakukan pekerjaan ini, yaitu Remotely Enable Remote Desktop. Tool ini memberikan kemudahan bagi kita untuk mengaktifkan atapun mematikan fitur Remote Desktop Connection.

Remote Desktop Enabler

Penggunaannya juga sangat mudah. Terdiri dari 3 tahapan :

  1. Masukkan Nama atau alamat dari komputer tujuan
  2. Masukkan Username dan Password pada OS anda
  3. Pilih Opsi Enable atau Disable Remote Desktop

Kemudian uji apakah sudah benar-benar aktif atau belum.

Tool ini free, dan tidak perlu melakukan instalasi ataupun membutuhkan file dlls / runtimes. Jika ingin mencobanya silahkan download disini.

Tidak ada komentar: