Selasa, 20 Januari 2009

Domain Gratis dari DynDNS sebagai Solusi Pengganti Static IP Public

Tidak semua orang memiliki koneksi internet permanen dengan IP Public yang memungkinkan akses komputernya dari jaringan internet. Sebagian besar, termasuk saya sendiri :) hanya memiliki koneksi internet limited dan tidak memiliki IP Public, alias hanya mendapat IP Dinamik dari Internet Service Provider (ISP) yang saya gunakan.

Dengan IP Dinamik, maka tidak memungkinkan untuk dapat mengakses komputer saya dari internet secara langsung, mengingat alamat komputer saya (IP address) yang saya dapat dari ISP berupa IP Dinamik yang selalu berubah ubah setiap kali saya konek internet.

Untung masih ada layanan nama domain gratis (sukanya emang yang serba gratis sih …. :) ) yang bernama DynDNS, dimana dengan layanan dari dyndns ini memungkinkan akses komputer kita dari internet dengan prinsip persis mirip layanan domain internet yang lain yaitu dengan jalan memberikan nama terhadap komputer kita misal nanangars.dynalias.com, cuman bedanya ada tambahan software kecil dari dyndns yang harus di install di komputer kita yang berfungsi untuk melakukan update IP Address dari komputer kita setiap kali koneksi ke internet.

Dengan demikian meskipun alamat komputer kita berganti-ganti tapi tetap selalu bisa di akses dari internet melalui nama komputer dan domain yang dapat kita pilih dari dyndns, berikutnya dyndns yang akan mentranslasikan ke alamat (IP address) komputer kita.

Yang perlu kita lakukan adalah register (create account) ke dyndns, setelah mendapatkan account, lakukan login dan melalui kolom My Services, menu add host service (add new host) kita dapat memilih (saat artikel ini saya tulis) 82 pilihan nama domain yang disediakan gratis dari dyndns. Ketikkan nama (unik) untuk komputer anda, option lainnya bisa anda pilih sesuai kebutuhan atau biarkan default jika belum membutuhkan, kemudian clik Create Host.

Tampilan Create New Host

Tampilan Create New Host

Sampai disini, komputer kita telah terdaftar dan dapat di akses dengan nama yang telah kita tentukan sebelumnya. Namun agar dyndns dapat selalu mengetahui perubahan alamat komputer kita setiap kali kita konek internet, maka diperlukan sebuah software kecil (dyndns updater) yang dapat di download dari dyndns dan di install dalam komputer kita sabagai agen untuk melakukan update otomatis setiap kali kita konek ke internet.

Dyndns Updater

Dyndns Updater

Status Update dyndns

Status Update dyndns

Selain itu kita juga dapat melakukan konfiguasi, edit atau bahkan menambah host lagi hingga maksimal 5 nama untuk layanan yang free, juga sekaligus monitoring status update dari Client Dns Updater yang telah kita install sebelumnya.

Tampilan Client Dns Updater

Tampilan Client Dns Updater

Demikian, mudah-mudahan dapat menginspirasi dan memacu semangat teman-teman sekalian, meskipun dengan keterbatasan sarana yang ada,…. pantang menyerah, terus maju bersama…. :)

Tidak ada komentar: